Alasan Kenapa Diet Selalu Gagal?

Diet merupakan suatu pengaturan pola makan dengan mengatur asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Asupan makanan dan minuman yang dimaksud adalah yang sehat dan rendah kalori.

Tujuan diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga menjaga kebugaran dan kesahatan tubuh dan menaikkan berat badan.

Biasanya orang – orang yang melakukan diet dengan tujuan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh adalah mereka yang sudah memiliki badan ideal dan ingin mempertahankannya atau justru orang – orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Dan untuk orang – orang yang ingin menaikan berat badan biasanya karena mereka terlalu kurus. Menaikan berat badan juga berlaku kepada para atlet atau binaraga yang ingin mempertahankan dan menambah massa otot.

Motivasi orang untuk melakukan diet tentu berbeda. Sebagai gambaran sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa UNIKA pada 379 mahasiswa yang melakukan diet: Dari penelitian ini 185 orang  atau 48.81%  berdiet dengan tujuan agar lebih sehat, kemudian 251 orang atau 66.23% ingin mendapat bentuk badan yang bagus dan 125 orang atau 32.98% ingin agar berat badannya tidak naik.

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Dengan mengetahui besaran kalori dan besaran pembakaran kalori tubuh menjadi penting bagi diet kita. Selain itu kita juga harus mengetahui berapa kebutuhan kalori harian kita sesuai program diet apa yang sedang kita lakukan.

Seperti yang kita tahu, untuk menurunkan berat badan, tubuh harus dalam kondisi kalori defisit. Yaitu suatu kondisi ketika energi masuk lebih sedikit dari energi keluar atau energi keluar lebih banyak dari energi masuk.

Sedangkan untuk orang yang ingin menaikan berat badan, tubuh harus dalam kondisi kalori surplus. Yaitu suatu kondisi ketika energi masuk lebih banyak dari energi keluar atau energi keluar lebih sedikit dari energi masuk.

Sedangkan untuk orang yang ingin menjaga kebugaran dan kesehatan, tubuh harus dalam kondisi kalori maintenance. Atau untuk orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan program diet.

Baca Juga: Mitos-mitos Seputar Menurunkan Berat Badan (Diet)

Banyaknya orang yang menjalankan program diet menyebabkan lahirnya tren diet baru (diet ala – ala). Apalagi jika diet ini dijalankan oleh para public figure yang memang menjadi pusat perhatian. Metode diet saat ini sangat beragam dan terus berkembang. Namun apapaun alasan kita dalam menjalankan diet pastikan kita memilih diet yg baik dan dengan  resiko yang minim bagi kesehatan.

Lalu bagaiaman cara memulai diet yang benar? Caranya mulailah trasformasi tubuhmu dengan bahagia. Mulailah transformasimu atas dasar rasa syukur, bahagia atas diri kamu sendiri, karena kamu ingin mengimprove diri kamu sendiri. Transformasi itu butuh waktu. Lalu olahraga jangan selalu disempitkan hanya menurunkan berat badan, bentuk badan apalagi cuma angka timbangan.

Kebugaran adalah cara membentuk kebiasaan dan mencapai versi dirimu sendiri. Karena itu teruslah mengimprove diri kamu, contoh dalam satu minggu kita sudah bisa mengurangi makanan manis, lalu minggu berikutnya cobalah mengurangi makan berminyak seperti gorengan, kemudian mulailah lagi dengan olahraga 10 menit saja lalu bertahap tambah menjadi 20 menit dan seterusnya.

Dalam menjalankan diet tidak semuanya berjalan lancar. Terkadang kita memiliki hambatan – hambatan yang datangnya bisa dari luar dan dalam diri kita yang kadang membuat kita lelah, putus asa bahkan ingin menyerah. Sebagian besar orang akan mengeluh bahwa transformasinya susah. Ya tentu saja, karena jika mudah semua orang didunia ini akan memiliki badan bagus.

Seringkali masalahnya bukan susah. Tapi karena kita tidak sabar dalam menjalaninya. Memiliki badan bagus dan sehat tidak cukup hanya sehari, seminggu bahkan sebulan. Karena yang sebenarnya kita rubah bukan hanya bentuk badan tapi lebih dari itu yaitu habit. Yaitu merubah kebiasaan dari pola hidup yang tidak sehat ke pola hidup yang sehat secara konsisten.

Oleh karena itu kita membutuhkan sabar, konsistensi, pengetahuan dan level diri. Setiap sesuatu punya harga yang harus dibayarkan. Dan transformasi tubuh punya harga yang tidak sembarangan. Harga yang dibayarkan sesuai dengan kerja keras yang akan kita dapatkan. Jika kita ingin menyerah pikirkan lagi sudah sejauh mana kita melaluinya dan ingat apa alasan kita memulainya.

Jika semua usaha dan upaya telah dilakukan namun diet kamu masih gagal, mungkin ada yang salah dengan pola diet dan diri kita. Sebagai bahan introspeksi, untuk meminimalisir kegagalan diet di kemudian hari, yuk simak beberapa Alasan Kenapa Diet Selalu Gagal:

Kurang berkomitmen

Alasan kenapa diet selalu gagal yang pertama adalah kurang komitmen. Pada awal memulai diet biasanya sesorang akan sangat bersemangat. Tetapi lambat laun semangat itu mulai pudar. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya kurangnya komitmen. Banyak yang memiliki pemikiran tidak realistis tentang diet.

Ada orang yang tidak makan sampai benar-benar lapar berharap tubuh langsung turun berat badannya. Ada juga yang berulang kali mangkir dari jadwal diet yang sudah ditetapkan. Diet atau mentransformasi bentuk tubuh tidak dapat dilakukan sehari, dua hari bahkan seminggu.

Sejatinya diet merupakan merubah kebiasaan ke arah yang lebih baik dalam hal makan maupun latihan fisik, oleh karena itu diperlukan komitmen dan kesabaran sangat untuk memperoleh hasil maksimal.

Selain itu tak jarang orang melakukan diet karena mengikuti tren artis idolanya atau hanya sekedar ikut – ikutan teman. Jika ini yang tejadi maka percayalah diet kamu tidak akan berlangsung lama.

Mulailah diet karena kamu mencintai dirimu sendiri, karena kamu ingin memperbaiki kualitas dirimu, karena kamu ingin memberikan yang terbaik ke tubuh kamu sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Jika kamu melakukannya dengan ikhlas tanpa beban, tanpa membenci tubuhmu, maka kamu akan lebih menikmati tahap demi tahap dan lebih berkomitmen dengan apa yang sudah kamu mulai.

Tidak mencukupi asupan makanan

Alasan kenapa diet selalu gagal yang kedua adalah asupan. Bagaimana kita mengatur kebutuhan kalori, dengan mempertimbangkan Kita harus tetap menjaga kerjasama dengan tubuh kita, karena yang butuh gizi bukan hanya perut tapi juga hormon, enzim, usus, ginjal, dan lain – lain. Berikut beberapa nutrisi penting yang harus kita penuhi walaupun sedang diet:

Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, kita harus mengkonsumsi protein dengan cukup. Namun banyak orang khawatir dengan bahaya mengkonsumsi makanantinggi protein, terutama untuk organ ginjal.

Konsumsi protein tinggi memang bahaya bagi organ ginjal yaitu bagi individu yang memang sudah mempunyai masalah dengan ginjalnya. Pasien dengan penyakit ginjal memang perlu membatasi asupan protein dengan pola makan rendah protein. Namun bagi individu yang sehat dan tidak ada masalah dengan ginjalnya bukan merupakan suatu masalah. Namun tetap imbangilah dengan cukup mengkonsumsi air putih. Dan konsultasikan dengan ahlinya.

Karbohidrat

Banyak orang masih berfikir bahwa asupan karbohidrat harus dipangkas bahkan dihilangkan saat diet. Dengan mendelete karbohidrat daru daftar menumu apakah membuat dietmu berhasil? Ternyata belum tentu. Menghilangkan karbohidrat secara total dapat membuat tubuh kehilangan makronutrisi, seperti karbohidrat dapat membantu mengontrol hormon.

Karbohidrat turut berperan dalam menjaga kadar hormon – hormon di dalam tubuh kita, salah satunya karbohidrat dapat meningkatkan kadar hormon leptin yang jauh lebih besar daripada lemak.

Semakin lama seseorang dalam kondisi defisit kalori dan berat badan turun maka dapat menyebabkan kadar hormon leptin menurun. Penurunan kadar leptin tentunya dapat meningkatkan sinyal lapar. Sinyal lapar ini tentunya akan merepotkan selama program diet.

Lemak

Lemak tak selamanya membawa dampak buruk bagi tubuh. Lemak dibutuhkan oleh tubuh anatara lain sebagai sumber energi dan bahan baku pembentukan hormon. Lemak tak jenus sangat dibutuhkan oleh tubuh kita semua.

Salah memilih jenis olahraga

Alasan kenapa diet selalu gagal yang ketiga adalah salah memilih olahraga. Ketika ingin menurunkan berat badan, kita seringkali di doktrin untuk melakukan olahraga cardio saja. Bukan berarti tidak boleh, boleh – boleh saja jika kamu suka. Namun apa salahnya kita mencoba mengubah pola latihan kita jika.

Baca Juga: 25 Tips Sederhana Cara Hidup Bahagia & Bermakna

Ketika ingin melakukan latihan beban, banyak orang berfikir itu akan membuat badan kita semkain besar. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Tubuh terdiri atas Jaringan, jaringan  adiposa dibangun oleh lemak, da nada jaringan muskulus atau jaringan otot, kedua jaringan ini secara karakteristik berbeda. Otot tidak berubah menjadi lemak, begitu juga sebaliknya.

Kemudian ada pertanyaan lagi, jangan latihan beban kalau berhenti badan menjadi lebih gemuk. Yang perlu kita pahami adalah ketika seseorang punya kebiasaan yang berbeda maka hasilnya juga berbeda. Jadi kalau kamu berhenti latihan beban yan jangan berharap memiliki tubuh seperti mereka yang rajin latihan beban. Tubuh kita itu merespon stimulasi yang kita berikan, fokus kita adalah membentuk sebuah kebiasaan. Kalaupun ada orang yang menjadi lebih besar dari sebelumnya setelah latihan beban itu karena latihannya ditunjang oleh makanan tang lebih banyak. Jadi sekali lagi, besar kecilnya tubuh seseorang ditentukan oleh jumlah kalori yang dikonsumsinya.

Mengkonsumsi cemilan tinggi kalori

Alasan kenapa diet selalu gagal yang keempat adalah cemilan. Pada dasarnya ketika kita sedang melakukan diet penurunan berat badan boleh – boleh saja kita mengkonsumsi cemilan. Kita bisa memulainya dengan mengganti cemilan tidak sehat menjadi cemilan lebih sehat seperti buah – buahan, youghrt, kacang almond dan lain – lain.

Bahkan sesekali kitapun boleh mengkonsumsi beberapa snack lainnya. Asal dengan catatan kita selalu membaca tabel nutrition fact di belakang kemasan makanan. Mengapa? Agar kita mengetahui berapa kalori dalam makanan tersebut sehingga kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tersebut.

Kurang asupan protein

Protein merupakan prioritas ke dua dalam diet setelah defisit kalori.  Protein merupakan nutrisi yang harus dipenuhi saat diet karena memiliki sifat lebih mengenyangkan. Hal ini membuat kita lebih bisa mengontrol nafsu makan, mengurangi keinginan kita untuk makan banyak di waktu makan selanjutnya.

Tubuh juga memerlukan lebih banyak energi saat mencerna protein, sehingga berat badan kita lebih mudah turun. Contoh makanan kaya akan protein adalah daging tanpa lemak, dada ayam, ikan, telur, susu, tempe dan kacang – kacangan.

Kurang tidur

Alasan kenapa diet selalu gagal yang selanjutnya adalah kurang tidur. Tidur adalah factor penting untuk menjaga kesehatan, begitu juga dengan diet kita. Tidur normal kurang lebih 8 jam. Bagimana jika tubuh kurang tidur atau tidak cukup tidur? Hal ini akan berakibat pada peningkatan kadar hormon kartisol dimana hormone inilah yang mengatur tingkat stress kita.

Sudah bisa dibayangkan jika hormone yang mengatur tingkat stress kita terganggu? Tentu akan berdampak pada kesehatan kita. Hormon stress juga bisa makin menyulitkan kita menurunkan berat badan dan membuat sisitem metabolisme tubuh kita menjadi semakin menurun.

Baca Juga: Penyebab Kenakalan Remaja, Contoh, Dampak dan Solusinya

Salah memilih body goal

Alasan kenapa diet selalu gagal yang selanjutnya adalah salah memilih body goal. Setiap orang yang diet biasanya memiliki body goal mereka masing – masing. Tapi kita juga harus mengenali bagaimana struktur tubuh kita dan bagaimana struktur tubuh orang yang kita ikuti. Karena itu akan sangat berpengaruh pada diet kita.

Seperti kita ingin memiliki pinggang super kecil bak artis Hollywood sedangkan dari segi tinggi badan kita saja berbeda dengan mereka, mereka memiliki tinggi badan yang tinggi – tinggi sedangkan kita rata – rata orang Asia memiliki tinggi badan yang lebih pendek. Dari situ saja berpengaruh terhadap rasio jarak tulang rusuk ke tulang pinggul. Oleh sebab itu pilihlah body goal yang sebisa mungkin memiliki tingkat keserupaan dengan badan kita.

Salah memilih sumber informasi

Yang terakhir, mengapa diet kita selalu gagal, bisa jadi karena kita salah memilih sumber informasi. Yap… tidak semua informasi yang kita dapatkan baik di google dan youtube merupakan informasi yang valid. Sebab tidak semua informasi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu kita harus pintar memilah milih informasi mana yang tepat untuk kita.

Seperti contoh kita ingin mencari keywords, bagaimana diet yang sehat tetapi yang keluar adalah macam – macam jenis diet yang justru akan membuat kita semakin bingung. Lalu bagiamana tipsnya agar kita mendapatkan informasi yang benar?

Salah satu tips nya adalah tidak mentah – mentah menelan sumber informasi tersebut. Carilah kebenarannya dengan banyak membaca, menggali ilmu dan bertanya pada ahlinya. Semoga artikel Alasan kenapa diet selalu gagal ini bisa bermanfaat buatmu.

Oleh: Arinda DS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*