6 Kuliner Khas Pati yang Wajib di Coba

Pati merupakan salah satu kabupaten yang ada di utara Jawa Tengah. Tempat asal artis terkenal Soimah Pancawati. ini berbatasan sebelah utara dengan Jepara, Sebelah Timur dengan Rembang, Sebelah Selatan dengan Grobogan dan Sebelah barat dengan Kudus.

Memiliki luas 150.368 km², penduduk mayoritas bekerja sebagai petani padi, tebu, dan tanaman dataran rendah lainnya. Sisanya adalah pekerja industri dan pegawai baik swasta maupun negeri.

Diapit oleh Kabupaten-Kabupaten yang kaya akan sejarah membuat Kabupaten Pati sering luput dari pandangan wisatawan untuk berkunjung.

Padahal dimasa lalu, Kabupaten Pati adalah sentral dari Karasidenan Pati yang terdiri dari Kabupaten Pati sebagai sentral, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora.

Selain terkenal sebagai kota dengan julukan Hogwarts van Java karena banyak terdapat dukun dan paranorma. Pati juga memiliki kuliner yang beragam yang jarang anda temui di daerah lainnya. Berikut adalah usalannya:

Soto Kemiri

Jika soto umumnya memiliki kuah yang bening, tidak demikian dengan soto kemiri khas Pati. Kuliner yang satu ini memiliki kuah yang bersantan dan gurih.

Soto kemiri lebih enak jika disajikan dengan ayam kampung, kecambah dan sambal kecap khas Pati. Soto kemiri diolah dengan kurang lebih 31 bahan yang menghasilkan rasanya kaya akan rempah. Lebih gurih jika disantap dengan telur rebus, perkedel atau keripik tempe. Jika anda berkunjung ke Kota Pati, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Petis Runting

Jika petis yang anda bayangkan berwarna hitam pekat dan digunakan untuk isian tahu. Maka jawabannya adalah belum tepat.

Petis Runting Khas Pati ini diolah semacam gulai namun lebih kental karena terdapat tepung beras dan tulang kambing, terkadang juga disertakan daging kambingnya. Sedangkan kata Runting diambil dari nama sebuah daerah dimana kuliner ini berasal, yaitu Runting.

Kuliner yang satu ini lebih cocok disantap selagi masih panas dengan sambal kecap bertabur cabe dan bawang merah. Lebih lezat dikombinasikan dengan kuluban atau semur ceker dengan kerupuk yang renyah.

Pempek Khas Pati

Jika Palembang terkenal dengan pempek khas Palembang. Maka Pati juga punya Pempek khas Pati. Pempek khas pati berbeda rasa dengan pempek khas Palembang.

Jika bahan dasar umumnya pempek adalah ikan. Maka bahan dasar pempek khas Pati adalah terdiri dari potongan-potongan gorengan, diantaranya ada lumpia isi mie, bala-bala, tahu, dan tempe. Sausnya juga cukup berbeda dengan pempek Palembang karena berupa kuah dan ditambahkan bumbu kacang, kecap, cuka dan saus.

Jika anda berkunjung ke Pati, jangan lupa untuk mencoba pempek khas Pati ini yang lebih dikenal sebagai pempek Ronggowangsan. Kata Ronggowangsan adalah nama sebuah daerah yang ada di Kota Pati.

Bandeng Presto Juwana

Untuk kuliner yang satu ini tentu tidak asing ditelinga,karena sudah dapat dijumpai di beberapa daerah lain di Jawa Tengah.

Namun sebenarnya kuliner yang satu ini lahir di salah satu daerah di Kota Pati, yaitu Juwana. Oleh sebab itu bernama Bandeng Presto Juwana.

Getuk Lopis

Jajanan manis ini juga menjadi andalan untuk diburu oleh konsumen. Getuk Lopis namanya, getuk ini tepatnya berasal dari Desa Runting, tempat yang sama dimana petis berasal.

Jika umumnya getuk berwarna-warni sepeti kue lapis, hal itu berbeda dengan getuk lopis. Kuliner ini cenderung berwarna krem atau kuning pucat. Lebih mantap jika dihidangkan dengan taburan parutan kelapa.

Nasi Gandul

Jika anda mendengar kata gandul, pasti yang terlintas adalah pepaya dalam bahasa banyumasan atau tegal. Namun gandul di Pati berbeda. Makanan yang satu ini menjadi favorit karena kaya akan daging sapi dan rempah seperti gulai.

Kata gandul berasal dari penjual nasi gandul zaman dahulu yang menjajakan dagangannya sembari memikulnya, sedangkan dagangannya menggantung dan bergoyang jika sang pedagang berjalan.

Kuliner ini lebih mantap jika dicampur dengan perkedel, semur telur puyuh, atau tempe goreng yang kering dan renyah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*