5 Wisata Alam Wonosobo yang Wajib di Kunjungi

Wonosobo adalah Kabupaten di Jawa Tengah yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan dengan suhu dibawah rata-rata. Sehingga jangan heran jika anda yang tidak tinggal di kawasan pegunungan berkunjung ke Wonosobo.

Karena akan merasakan sensasi udara yang amat dingin. Pastikan anda membawa baju tebal atau jaket.

Berikut adalah destinasi alam yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Wonosobo.

Candi Dieng

Dahulu, kawasan Candi Dieng merupakan salah satu sentral perkembangan agama Hindu di Jawa . Kompleks Candi Dieng ini berusia sangat tua karena pembangunannya telah dimulai pada akhir abad ke 8. Tak heran jika kompleks candi ini memegang titel sebagai salah satu candi tertua di Jawa.

Luas kompleks candi seluruhnya yaitu 1,8 x 0,8 km persegi dan memiliki penamaan yang diambil dari tokoh-tokoh pewayangan dari Kitab Mahabrata seperti Arjuna, Gatotkaca, Dwarawati, hingga Bima.

Candi Dieng terletak di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini buka selama 24 jam. Untuk tiket masuknya sekitar Rp 15000,-.

Jika anda datang saat musim awal kemarau, maka anda akan menyaksikan fenomena alam dimana rumput-rumput disekitar candi diselimuti es.

Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang ini luasnya hingga 626 ha. Lokasi wisata ini dikelilingi dan dihiasi pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang terletak berdekatan.

Suasana  yang anda dapatkan ketika di waduk ini adalah alam yang masih alami serta udara yang terasa sejuk.  Sehingga sangat cocok untuk swafoto.

Jika anda datang saat pagi hari atau sore hari, pemandangan yang ada akan sangat mengagumkan. Apalagi ketika matahari seakan tenggelam dari balik gunung.

Selain menyajikan pemandangan yang mempesona juga terdapat perahu mesin dan perahu dayung yang bisa di sewakan untuk para pengunjung.

Waduk Wadaslintang terletak di Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata tersebut dibuka 24 jam. Untuk tiket masuknya dibedakan berdasarkan kategori, yaitu dewasa Rp 4.000,- dan anak dibawah 5 tahun Rp 3.000,-. Murah sekali bukan? Segera kunjungi lokasi wisata ini saat anda berada di Wonosobo

Teluk Menjer

Telaga Menjer berada terletak pada ketinggian 1.300 mdpl dengan luas area 70 hektar serta, kedalaman 45 m. Suhu di Telaga Menjer cukup dingin yaitu sekitar 22-27°C.

Telaga ini adalah danau terluas di wilayah kabupaten Wonosobo yang terbentuk secara alamiah. Selain menjadi obyek wisata juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Saat musim kemarau tiba dan air sedang surut atau mengering, maka akan muncul hamparan tanah yang hijau yang indah yang bisa dinikmati.

Telaga Menjer terletak di Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata ini dibuka selama 24 jam. Untuk tiket masuknya cukup Rp 5.000,-. Jika anda ingin berkeliling telaga, disediakan penyewaan perahu dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng  terletak diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.Kawasan ini menyajikan lebih dari 37 obyek wisata yang telah diakui dunia karenavfenomena alam dan budayanya. Dahulu beberapa warga Belanda sering mengunjungi Dataran Tinggi Dieng.

Dataran Tinggi Dieng berada di kawasan Bakal Buntu, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Wisata ini dibukai mulai jam 08.00-17.00, untuk tiket masuknya hanya sekitar Rp 10.000,- saja dengan tiket masuk dan bervariasi di setiap objek wisata.

Jarak tempuh antar obyek cukup berdekatan satu sama lain. Sehingga anda tidak perlu lelah saat berpindah objek.

Kebun Teh Agrowisata Tanjungsari

Kebut Teh yang terkenal di Agrowisata Tanjungsari adalah  kebun Teh Tambi. Wisata Agrowisata Tanjungsari merupakan sebuah perkebunan. Di bangun sejak tahun 1865, awalnya perkebunan ini bernama Bagelen Thee & Kina Maatschaappij dan dikelola oleh NV John Peet.

Fasilitas yang ditawarkan yaitu bermain outbond atau sekedar menyaksikan. Selain itu juga tersedia area camping , masjid, toilet, kolam renang, parkir luas.

Wisata ini terletak di Jalan Raya Wonosobo-Purworejo Km 14, Sapuran, Wonosobo. Dibuka setiap pukul 08.00-22.00. Untuk tiket masukya cukup Rp 6.000,-.

oleh: anasuhanda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*