5 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Mirip Alam Selandia Baru

JAWA TENGAH Archives - BAPERMULU.COM Kotamadya daerah tingkat II Surakarta yang lebih dikenal dengan sebutan akrab kota SOLO pada masa yang akan datang mempunyai potensial peningkatan arus wisatawan. Keberadaan hotel wisata di Balekambang ini merupakan salah satu alternatif antisipasi peningkatan wisatawan di bidang akomodasi. Perkembangan jumlah wisatawan ke TWA Grojogan Sewu secara garis besar terus mengalami peningkatan. Keberadaanya kota Solo sebagai kota lama yang mempunyai kaltan erat dengan kerajaan-kerajaan besar di tanah Jawa, membuat Solo kaya akan tradisi dan budaya Jawa yang sampai sekarang masih merupakan salah satu bagian dari kehidupan masyarakat seperi: sekaten, kirab pusaka dan sebagainya. Potensi geologi daerah penelitian terdapat potensi positif berupa geowisata, tambang batugamping, dan mata air, serta potensi negative berupa gerakan tanah longsor. Stratigrafi daerah penelitian terdiri dari tiga satuan batuan dari tua ke muda yaitu satuan lava andesit Kaligesing berumur Oligosen akhir-Miosen awal, satuan breksi vulkanik Kaligesing berumur Oligosen akhir-Miosen awal, dan satuan batugamping Jonggrangan berumur Miosen tengah (N13). Dalam goa ini terdapat tiga tingkatan lantai goa yaitu lantai satu, dua, dan tiga. Selanjutnya 9 objek tersebut diklasifikasikan menjadi empat kategori menurut Chen (2015) yaitu geowisata dari segi geologi (singkapan) terdiri dari tiga objek, geowisata dari segi geomorfologi (gardu pandang) terdiri dari tiga objek, geowisata dari segi gau terdiri dari dua objek, dan geowisata dari segi sungai (curug) terdiri dari dua objek.

Keanekaragaman objek dan atraksi, baik dari segi fisik maupun sosial masyarakat yang terdapat pada tapak, memiliki potensi tinggi dalam pengembangan wisata budaya. Sebagai salah satu wilayah yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Kendal adalah salah satu Kabupaten yang juga dikenal dengan kota santri, Kabupaten Kendal memiliki beraneka ragam tempat wisata dengan bergbagai keunikan seni budaya ,kuliner dan kerafian lokal masyarakat, dari berbagai macam wisata tersebut terdapat beberapa tempat wisata yang masih tersembunyi yang artinya akses menuju tempat – tempat wisata tersebut masih ada yang belum mengetahui, oleh karena itu di perlukan Peta Sebaran Wisata Kabupaten Kendal Berbasis Sistem Informasi Geografis yang bertujuan memudahkan masyarakat untuk mengetahui lokasi tempat wisata di Kabupaten Kendal. Meski akses jalannya baik, pantai ini masih sangat terjaga keasriannya. Dari hasil analisa skoring Kubalikova didapatkan nilai kelayakan bernilai 50% hingga 80%. Disertai dengan penliaian kelebihan dan kekurangan dari tempat geowisata dengan analisa SWOT dan disertai Peta geowisata yang meliputi peta lokasi serta akses jalan menuju lokasi geowisata. Untuk empat etape yang akan ditempuh meliputi etape pertama Magelang-Nganjuk, etape kedua Nganjuk-Probolinggo, etape ketiga Probolinggo-Banyuwangi dan etape keempat Banyuwangi-Denpasar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis kondisi geologi yang meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, serta potensi geowisata yang disertai dengan analisa Kubalikova dan SWOT. Metode yang digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah dalam penelitian yaitu pengambilan data lapangan dengan cara pemetaan geologi permukaan, dengan pengamatan secara langsung unsur-unsur geologi dan analisis studi karakteristik fluida panas bumi pada wisata pemandian airpanas Candi Umbul yang didukung dengan analisis laboratorium dan literatur-literatur yang ada. Ada kurang lebih 61 candi di Jawa Timur dan tersebar di dua belas kabupaten. Namun dari kurang lebih 61 buah candi yang tersebar di dua belas kabupaten di Jawa Timur, hanya sedikit yang dikenal dan dikunjungi. Candi merupakan salah satu peninggalan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita, dan tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Bali. Jawa Timur merupakan salah satu tempat yang boleh dikatakan memiliki banyak peninggalan candi. Padahal masih ada lagi beberapa candi yang boleh dikatakan cukup menarik jika dikunjungi.

Candi -candi di Jawa Timur yang dikunjungi hanya terbatas pada Candi-candi di daerah Trowulan, Candi Singosari di Malang dan Candi Penataran. Biasanya susu sapi yang tidak dilakukan proses apa pun setelah pemerahan hanya dapat bertahan selama satu hari, setelah lewat satu hari biasanya susu sapi akan basi. Susu sendiri merupakan minuman berprotein dan bergizi tinggi namun mudah rusak/ basi maka perlu adanya pengolahan yang baik agar susu dapat dinikmati dalam waktu yang lama tanpa mengurangi kandungan gizi dan protein, maka penulis mempunyai inisiatif untuk membuat sebuah bangunan yang nantinya dijadikan sebagai pusat penelitian, pengembangan dan promosi produk dari olahan susu sapi. Indrawati, MT (2014) Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur ( Dp3a ) Bangunan Penelitian, Pengembangan Dan Promosi Produk Susu Sapi Di Boyolali (Sebagai Wahana Wisata Edukasi). Kabupaten Boyolali dikenal sebagai Kota Susu, karena merupakan salah satu sentra terbesar penghasil susu sapi segar di Jawa Tengah. Peternakan sapi perah umumnya berada di daerah selatan dan dataran tinggi yang berudara dingin, karena sapi perah yang dikembangkan saat ini berasal dari wilayah sub-tropis Australia dan Selandia Baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*