24 Tips Terhindar dari Virus Corona

Virus Corona-19
Virus Corona-19

World Health Organization (WHO) secara resmi mengumumkan kalau wabah virus corona atau yang disebut dengan istilah medis COVID-19 sebagai pandemi global. Lantas, haruskah kita panik?

Waspada tentu menjadi keharusan, namun kalau sampai khawatir apalagi yang berlebihan, rasanya tidak perlu. Karena sebenarnya, virus corona sangat bisa dihindari kalau kita paham bagaimana caranya.

Jadi, membangun mindset yang positif untuk melawan virus yang satu ini justru merupakan kewajiban.

Masa mau kalah sama virus corona? Tentu tidak, dong. Yuk, kita lawan dengan menyimak Tips Terhindar dari Virus Corona berikut ini.
Semoga bermanfaat!

1. Perhatikan Kebersihan Rumah

Tips Terhindar dari Virus Corona yang pertama adalah mengenai kebersihan rumah. Mulailah dengan menjaga kebersihan rumah kita masing-masing agar terbebas dari kuman dan virus. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan, membersihkan permukaan benda yang kotor dan sering disentuh oleh orang bisa mencegah masuknya virus ke dalam rumah, termasuk corona.

Dengan melakukan disinfeksi secara rutin, kita juga akan membunuh dan menghilangkan kuman yang menempel pada benda-benda di sekitar rumah.

Aktivitas ini perlu dilakukan jika banyak tamu yang berdatangan ke rumah. Terutama jika salah satu dari mereka dalam kondisi tidak fit atau sedang sakit. Begitu pula jika salah satu penghuni rumah sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Menghadapi Pengidap Gangguan Kesehatan Mental

2. Jaga Imunitas Tubuh Kita

Tips Terhindar dari Virus Corona yang kedua menjaga imun kita. Menjaga daya tahan tubuh juga menjadi kunci utama terhindar dari virus corona. Spesialis penyakit menular, Sandra Kesh M.D. mengatakan, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami agar tidak mudah terserang virus atau penyakit.

Yang pertama dengan menghindari stres, karena kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan otak, hingga kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, perlu untuk menjaga pola atau gaya hidup sehat.

Tidak kekurangan waktu istirahat dengan tidur yang cukup, serta tidak lupa makan menjadi cara lain untuk menjaga imunitas tubuh kita.

Yap, supaya tubuh tetap bisa bugar dan tidak mudah sakit, pola tidur yang baik sangat dibutuhkan. Jadi, jangan pernah memaksa diri kalau tubuh sudah merasa lelah. Beristirahatlah agar kondisi tubuh kita bisa kembali fit.

Yuk, biasakan menjaga pola hidup sehat!

3. Rutin Olahraga

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya tentu saja olahraga. Bicara gaya hidup sehat, maka olahraga secara rutin tentu tak boleh dilewatkan. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, masyarakat Indonesia perlu menjaga stamina tubuh agar tetap dalam kondisi yang prima untuk mencegah tertular virus corona.

Virus Corona
Virus Corona

Tidak perlu repot-repot cari fasilitas olahraga berbayar, karena begitu banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan secara gratis!

Contohnya saja seperti lari pagi secara rutin, lompat tali, hingga melakukan aktivitas latihan fisik lainnya, seperti dengan membersihkan rumah.

Nah, aktivitas fisik ini diharapkan juga dapat membantu kita mengeluarkan bakteri dari paru-paru maupun saluran udara sehingga akan mengurangi kemungkinan terkena sakit seperti flu dan yang lainnya.

4. Jangan Lupa Sarapan

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah jangan melupakan sarapan. Selain olahraga, Doni Monardo juga mengingatkan kalau selalu sarapan pagi sebelum memulai aktivitas kerja di hari yang padat dan sibuk merupakan hal penting.

Jangan biarkan kita bekerja atau melakukan aktivitas lainnya dalam keadaan perut yang kosong, apalagi sampai berbunyi ‘krucuk krucuk krucuk’.

Tentu saja, hal ini berkaitan dengan menjaga tubuh agar tetap fit dan prima. Kalau belum sarapan apalagi sampai tidak nafsu makan, kemudian tubuh menjadi letih dan lesu, maka hal ini akan berpengaruh ke daya tahan tubuh kita.

Jadi, bagi kalian yang masih sering menyepelekan sarapan pagi, coba diubah dulu ya kebiasan ini.

Baca Juga: Tips Jitu Mencegah dan Mengatasi Jerawat

5. Makan Makanan Bergizi

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah mengenai makanan bergizi. Yap, makanan memiliki peran penting dalam meningkatkan imunitas tubuh kita. Tapi jangan lupa, makanan yang kita konsumsi pun harus jenis makanan yang sehat, bergizi, dan bernutrisi lengkap. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

Secara khusus, beberapa asupan makanan yang disarankan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di antaranya yaitu lemon, apel, sup ayam, bawang putih, jahe, hingga sayuran hijau seperti paprika, brokoli, dan bayam.

gejala corona
gejala sakit karena corona

Nah, kalau Anda masih merasa kurang optimal, tidak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi suplemen vitamin C sebagai pilihan. Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu minum air putih yang cukup ya!

6. Makan Makanan Hewani yang Matang

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya perhatikan makananmu. Dalam hal mengkonsumsi makanan, hindari juga mengkonsumsi makanan berbahan dasar hewan yang mentah atau setengah matang.

Yap, pada dasarnya, daging aman untuk dikonsumsi asalkan dimasak secara higienis dan benar-benar matang sehingga dapat menghindari tubuh terjangkit virus-virus yang mengerikan, salah satunya corona.

Anjuran untuk tidak memakan daging yang tidak dimasak hingga matang juga disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai salah satu cara mencegah penularan virus corona.

7. Minum Jahe Merah

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah asupan dari makanan herbal. Hingga saat ini, memang belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan kalau jahe merah mampu melawan infeksi virus corona secara efektif.

Namun demikian, menurut Guru Besar Universitas Airlangga dan Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin, Chairul Anwar Nidom, virus yang satu ini setidaknya dapat dicegah melalui konsumsi obat herbal yang mengandung curcumin. Wah, apa tuh?

Secara sederhana, curcumin merupakan antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal virus. Nah, zat ini sendiri bisa kita temukan di jahe, temulawak, kunyit, dan lain-lain.

Yang menarik, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga mengandalkan jahe merah untuk mengindari virus corona.

Jika biasanya Presiden Jokowi meminum jahe merah hanya satu kali sehari, semenjak wabah corona menyebar, ia mengkonsumsinya menjadi tiga kali dalam satu hari demi menjaga kesehatan.

Luar biasa, Pak Presiden!

8. Cuci Tangan dengan Sabun

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah yang paling penting yaitu membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir setidaknya selama 20 detik.

cegah corona
hal yang harus dilakukan untuk mencegah corona

WHO mengatakan, cara ini dilakukan untuk membunuh virus corona yang hinggap atau menempel pada tangan kita. Sebab, menurut Kementerian Kesehatan, sekitar 98% penyebaran penyakit memang bersumber dari anggota tubuh kita yang satu ini.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto SpP(K) mengatakan, tangan merupakan media penularan infeksi. Apalagi, masih banyak orang yang ketika sakit flu atau batuk, masih menggunakan telapak tangan untuk menutupi mulutnya.

Yang lebih mengkhawatirkan, orang lain yang bertemu dengannya tanpa tahu apa-apa kemudian bersalaman, sehingga kuman atau virus pun juga berpindah tangan.

Nah, ketika lupa mencuci tangan, tanpa sadar kita juga bisa memegang mata, hidung atau mulut sendiri. Saat itulah kita akan terinfeksi oleh virus atau kuman.

Baca Juga: OZOBOT: Robot Kecil Edukatif untuk Pembelajaran STEM

Nah, berikut ini sedikit informasi mengenai langkah-langkah mencuci tangan yang benar:
Dimulai dengan membasahi tangan dengan air, kemudian menuangkan sabun secukupnya di telapak tangan. Setelah itu, usap dan gosokkan kedua telapak tangan dengan arah memutar hingga merata.

Jika sudah, maka usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian, lalu gosok juga sela jari tangan. Kemudian, baru gosoklah punggung jari berlahan-lahan sampai merata.

Langkah selanjutnya, secara bergantian, bersihkan ujung jari dengan posisi saling mengunci lalu gosok berlahan. Terakhir, bilas tangan kita dengan air mengalir hingga bersih, kemudian keringkan tangan menggunakan tisu sekali pakai.

Yuk, jangan pernah lupa untuk membiasakan diri mencuci tangan ya.

9. Pakai Hand Sanitizer

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah kunci utama juga, yaitu handsanitizar. Selain mencuci tangan dengan sabun, menggunakan cairan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer) juga merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Baru-baru ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahkan telah membagikan informasi soal cara membuat hand sanitizer secara sederhana.

Salah Satu Merk Handsanitizer yang Mudah Dijumpai
Salah Satu Merk Handsanitizer yang Mudah Dijumpai

Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono mengatakan kalau bahan-bahan untuk membuatnya tersedia di toko kimia, yaitu air, karbomer, etanol 95 persen, propilen glikol, dan trietanolamin.

Nah, jika membuatnya dengan mesin pengaduk, maka terdapat penambahan bahan bioetanol sebagai antiseptik sebanyak 63 hingga 65%, serta nano silver untuk tambahan antiseptik sebanyak 0,3%.

Cara membuatnya, pertama-pertama kita campurkan air dan propilen glikol ke dalam panci, sambil kemudian dipanaskan dan diaduk.

Setelah itu, baru ditambahkan karbomer sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk. Lakukan ini hingga temperatur mencapai 80-90 derajat, dan semua bahan tercampur serta larut secara sempurna yaitu dengan durasi sekitar 20 menit.

Hal Yang Tidak Boleh DIlakukan saat Ada Corona
Hal Yang Tidak Boleh DIlakukan saat Ada Corona

Berikutnya, masukkan trietanolamin sebagai peningkat pH dan gelling agent supaya bisa berubah bentuk menjadi gel. Kemudian, tambahkan lagi etanol sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel. Pada tahap ini, pengerjaan dilakukan tanpa proses pemanasan.

Fungsinya untuk menghindari penguapan. Pengadukan sendiri dilakukan selama kurang lebih 15 menit, hingga kemudian hand sanitizer siap digunakan.

Namun demikian, LIPI tetap memberikan catatan dan peringatan, bahwa hal ini harus tetap dilakukan dalam pengawasan orang dewasa serta dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Ingat ya!

10. Menjaga Jarak dengan Orang Sakit

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah sedapat mungkin menjaga jarak. WHO mengatakan jika untuk saat ini, disarankan menjaga jarak dari orang yang sedang batuk atau bersin. Sebab, virus corona memang ditularkan melalui cairan yang keluar dari tubuh orang yang terinfeksi saat batuk atau bersin.

Di dalam kereta misalnya, meksi kepadatan sudah menjadi kondisi yang tidak bisa terelakkan, namun usahakan agar kita tetap bisa menjaga jarak dengan baik. Setidaknya, jarak yang disarankan yaitu kurang lebih satu meter

Nah, baru-baru ini juga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mempersiapkan rencana untuk mencegah penyebaran virus corona di Ibu Kota, salah satunya dengan meminta perkantoran untuk menyiapkan protokol bekerja dari jarak jauh.

Meski belum diberlakukan, ia meminta pihak-pihak yang bergerak di dunia usaha sudah menyiapkan prosedur bekerja remote. Langkah ini dilakukan dalam rangka social distancing measure (menjaga jarak) untuk mencegah penyebaran virus.

11. Hindari Menggunakan Ponsel di Transportasi Publik

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah hindari transportasi massal. Bila kita pada akhirnya harus menggunakan sarana transportasi publik yang padat dan ramai, maka sebisa mungkin dihindari untuk menyentuh atau menggunakan ponsel terlalu sering.

Usahakan Jangan Naik Kendaraan Umum
Usahakan Jangan Naik Kendaraan Umum

Sebab, kita tak pernah tahu jika cairan yang dikeluarkan dari bersin atau batuk orang yang sedang sakit berpindah ke benda tersebut. Menurut penelitian, virus corona bahkan bisa hidup di permukaan logam, kaca, atau plastik selama lebih dari sembilan hari!

Menurut Charles Gerba, pengajar mikrobiologi dan imunologi dari Universitas Arizona, ponsel adalah salah satu benda atau sarana yang rawan, karena jari tangan kita sangat sering menyentuhnya walau benda tersebut masih dalam kondisi yang kotor.

Untuk itu, selain membersihkan tangan dengan sabun, para peneliti menyarankan agar kita juga rajin membersihkan benda milik pribadi yang paling sering disentuh, salah satunya ponsel.

Baca Juga: Ulasan Apple Watch: Berolahraga dengan Gaya

12. Tidak Makan atau Minum di Transportasi Publik

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah makan/minum sembarangan. Di samping menggunakan ponsel, maka biasakan juga diri kita untuk tidak minum maupun makan selama perjalanan di dalam transportasi publik. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko masuknya virus corona ke dalam tubuh yang jauh lebih besar.

Yap, karena kita berpotensi untuk sering menyentuh wajah saat makan maupun minum.

Lagi pula, kita sendiri seharusnya tahu kalau transportasi publik di Jakarta seperti KRL, MRT dan TransJakarta sudah memiliki larangan khusus untuk tidak minum maupun makan. Kalau masih makan dan minum juga, kebangetan, lah.

Jadi, tips yang satu ini berlaku bukan untuk menghindari tertular virus corona saja ya.

13. Kurangi Kontak Fisik Langsung

Virus corona dikatakan dapat menular melalui kontak fisik langsung dengan orang yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi aktivitas tersebut, salah satunya dengan bersalaman.

Himbauan ini sebenarnya sudah diumumkan oleh Pemerintah, baik pusat maupun daerah, salah satunya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Instansi ini telah menerbitkan surat edaran soal pencegahan dan penanganan virus corona di lingkungan pendidikan.

Salah satunya, menghindari kontak fisik langsung antara warga satuan pendidikan, baik itu bersalaman, cium tangan, berpelukan, dan sebagainya.

Yang menarik, baru-baru ini Presiden Jokowi juga melakukan cara unik untuk menghindari kontak fisik secara langsung. Selepas membuka Musyawarah Nasional IX Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara, ia terlihat tidak menjabat tangan peserta Munas IX HKTI.

Yang dilakukan Presiden Jokowi saat itu adalah dengan melakukan ‘salam namaste’, yaitu dengan mengimpitkan kedua telapak tangan dan mengayunkannya ke lawan bicara.

14. Hindari Kerumunan/Keramaian

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya hindari kerumunan. Meski tempat yang ramai memang sulit dielakkan, namun alangkah baiknya untuk menghindari kerumunan orang, terutama di ruang-ruang yang tertutup. Sebab, risiko untuk tertular menjadi lebih besar kalau salah satu orang di kerumunan ternyata ada yang terinfeksi virus corona.

Hindari Keramaian
Hindari Keramaian

Meski demikian, demi mendukung pencegahan virus corona, beberapa transportasi publik pun telah menerapkan langkah-langkah antipasi. MRT Jakarta misalnya, akan menerapkan pemeriksaan suhu badan penumpang yang dilakukan di setiap area pintu masuk stasiun.

Baru-baru ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah meminta warganya menghindari pusat keramaian untuk sementara. Sebagai langkah antipasi, ia juga meminta supaya pemerintah daerah dan pengelola pusat keramaian menyediakan tempat mencuci tangan.

15. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, atau Mulut

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya menyentuh anggota tubuh. Menurut WHO, jika di tangan kita telah menempel atau membawa virus corona, kemudian tangan tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut, maka virus corona akan masuk ke dalam tubuh, dan tentu saja kita akan tertular atau terinfeksi.

Untuk itu, harus selalu diingat untuk menghindari tangan agar tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Lewat akun instagram-nya, Presiden Jokowi pun telah menyampaikan untuk menghindari hal tersebut, sebab telapak tangan akan menyentuh berbagai macam benda sehingga rentan terkena virus.

“Kalau telapak tangan kita sudah terkena virus, maka virus itu akan mudah masuk melalui mata, hidung dan mulut. Jadi ingat hindari menyentuh mata, hidung dan mulut,” ujarnya.

16. Bila Sakit, Pakai Masker!

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah memakai masker. Menggunakan masker juga diperlukan saat kita hendak ke luar. Meski sebaiknya, orang yang sedang sakit yang lebih utama untuk menggunakannya. Dengan kata lain, orang yang sakit wajib menggunakan masker ketika hendak berpergian agar tidak menularkannya ke orang lain.

Masker untuk Mencegah Virus Corona 19
Selalu Pakai Masker untuk Mencegah Virus Corona 19

Namun demikian, tetap boleh-boleh saja kalau orang yang tidak sakit ingin menggunakan masker sebagai bentuk proteksi, khususnya di keramaian. Tapi ingat, kalau masker sudah basah, harus segera diganti ya.

Karena bakteri bisa bekembang di dalam masker jika digunakan terlalu lama. Dan jangan dibuang sembarangan ya!

17. Pahami Etika Ketika Bersin dan Batuk

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya juga sangat penting, yaitu etika saat bersin/batuk. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto mengatakan kalau virus corona salah satunya bisa ditularkan lewat air liur dan selaput lendir melalui batuk atau bersin. Untuk itu langkah selanjutnya, kita juga perlu tahu dan mempraktikkan etika ketika bersin atau batuk.

WHO mengingatkan agar semua orang, terutama yang sedang sakit untuk memiliki kesadaran menutup mulut atau hidungnya saat bersin dan batuk, yaitu dengan menggunakan siku bagian dalam atau tisu, bukan tangan.

Ingat sekali lagi ya, bukan tangan! Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus ke orang di sekitar melalui cairan yang keluar ketika bersin dan batuk tersebut.

Dan jika kita menggunakan tisu, maka segera buang tisu ke tempat sampah, jangan dibuang sembarangan ya.

18. Jangan Merokok

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya hindari merokok. Harus diketahui, bahwa seorang perokok memiliki potensi lebih besar untuk tertular virus corona. Hal ini dipertegas oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam.

Ia mengatakan, kalau perokok aktif yang menghisap nikotin dan tar tentu saja akan mengganggu sistem paru-paru. Sehingga, risiko untuk lebih mudah terkena penyakit, termasuk corona juga lebih besar.

Hal ini juga diperkuat oleh Ketua Pokja Masalah Rokok Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Feni Fitriani, yang mengatakan kalau orang yang merokok sudah mengalami kerentanan di saluran pernafasan.

Sehingga, beredarnya informasi yang belakangan ini menyatakan jika rokok bisa membunuh virus karena menimbulkan sensasi hangat adalah tidak benar alias hoax.

19. Rutin Cek Kesehatan Suhu Badan

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah aware terhadap diri. Kita juga perlu untuk rutin memantau kesehatan diri, salah satunya dengan melakukan cek suhu badan. Tak ada salahnya untuk selalu sedia termometer bahkan ketika sedang berpergian, sehingga kita bisa memantau temperatur badan. Seperti diketahui, demam merupakan salah satu gejala yang menyerang orang yang terinfeksi virus corona.

Demi mencegah penyebaran virus, pengecekan suhu tubuh oleh petugas keamanan di pintu masuk kantor-kantor atau ruang publik juga sudah mulai diberlakukan. Sebagai informasi, suhu normal tubuh kita adalah antara 36 sampai17 derajat Celsius.

20. Perhatikan Travel Warning

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah perhatikan travel warning. Bagi yang hobi jalan-jalan atau traveling, alangkah bijaknya kalau memikirkan kembali rencana keberangkatan ke tempat wisata tertentu. Atau minimal, akan sangat penting untuk terus memantau status keamanan tempat yang ingin dikunjungi tersebut.

Jangan sampai, kita malah pergi ke wilayah yang justru tidak aman karena penyebaran virus corona.

Beberapa ahli bahkan menyarankan kalau saat ini lebih baik untuk menghindari perjalanan yang tidak diperlukan, termasuk dengan pesawat. Ingat, liburan bisa dilakukan di lain waktu, tapi tetap kesehatan yang nomor satu.

Kalau sakit, memangnya masih bisa liburan?

21. Tak Perlu Panik Berlebih

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya, meskipun simpel Ini juga penting. Jaga pikiran agar selalu positif. Jangan panik. Khawatirnya jangan lebay. Waspada tentu boleh saja, namun jangan sampai kecemasan yang berlebihan justru membuat tubuh lemah dan mempengaruhi kekuatan imun.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, kalau secara psikologis sudah paranoid, takut, dan panic attack, semua itu berbahaya karena bisa menurunkan imunitas. Menurutnya, salah satu penerapan pola hidup sehat juga dengan menjaga hati dan pikiran.

Yuk, jaga hati dan pikiran kita untuk selalu positif dalam segala hal, termasuk dalam melawan virus corona!

22. Jangan Percaya Hoax!

Tips Terhindar dari Virus Corona selanjutnya adalah hindari hoax. Bicara masalah panik, maka kita tak akan bisa lepas dari isu yang satu ini: hoax atau berita palsu. Ya, karena salah satu tujuan hoax memang untuk menebarkan kepanikan, walau kadang isinya dikemas melalui narasi yang konyol dan diluar logika atau tak masuk akal.

Nah, bicara virus corona, mungkin sampai saat ini sudah begitu banyak hoax yang beredar soal ini. Mulai dari HP Xiaomi yang bisa menularkan virus corona karena berasal dari China, hingga virus corona bisa menular hanya melalui tatapan mata. Luar biasa.

Pemerintah sendiri sudah jauh-jauh hari mewanti-wanti agar masyarakat tidak membuat bahkan menyebarkan berita hoax soal virus corona. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate menegaskan, kalau penyebar dan pembuat hoax dapat dipidana dengan kurangan penjara 6 (enam) tahun.

Sampai saat ini, pihak kepolisian juga sudah mengamankan beberapa orang yang terbukti membuat hingga menyebarkan berita hoax soal virus corona. Jadi, hati-hati dalam menyebarkan informasi palsu yang tidak jelas asal-usulnya ini ya.

23. Hubungi Hotline yang Tersedia kalau Mengalami Gejala

Jika Anda mengalami gejala yang dicurigai menyerupai gejala virus corona seperti demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah menghubungi hotline yang sudah tersedia. Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia baik pusat maupun daerah, yaitu Kementerian Kesehatan hingga Dinas Kesehatan di masing-masing wilayah telah memiliki hotline yang bisa dihubungi secara langsung.

Di saat yang sama, WHO juga mengingatkan kita untuk tetap berada di rumah dan tidak berpergian ke luar ketika merasa tidak enak badan atau sedang sakit, serta mengalami gejala yang dicurigai menyerupai gejala virus corona.

Menurut WHO, langkah yang dilakukan berikutnya adalah meminta pertolongan medis, dengan menelepon hotline yang tersedia.
Sebagai informasi, hotline Kementerian Kesehatan saat ini yaitu 119 EXT 9.

24. Selalu Berdoa

Jika langkah-langkah antisipasi dan preventif untuk mencegah tertular virus corona sudah diterapkan, maka yang selanjutnya perlu dilakukan tentu saja berdoa. Yap, setelah berikhtiar, jangan lupa meminta pertolongan dan perlindungan kepada Yang Maha Kuasa, agar dihindarkan dan dijauhkan dari tertimpa bahaya penyakit dan musibah. Aamiin.

Okay, sampai di sini, rasanya selesai sudah tips-tips aman terhindar dari virus corona. Semoga kita semua selalu dalam kondisi sehat, daya tahan tubuh terjaga, sehingga mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa kendala ya.

Demikian Tips Terhindar dari Virus Corona. Bagaimanapun, tanamkan di diri ini untuk tetap yakin dan optimis, bahwa kita bisa menang melawan virus corona ini bersama-sama. Jangan pernah ada keraguan di dalam pikiran, karena itu bisa menjadi pembuka jalan yang akan membuat kita mudah menyerah dan berputus asa.

Ngadepin virus corona? Siapa takut!

Oleh: Umair Shiddiq Yahsy

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*