10 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi – Ruang Digital Creative

man in black t-shirt and yellow shorts standing near people during daytime Upacara yang kemudian dinamakan Barikan Qubro ini kini menjadi even yang menarikuntuk dikaji dan diamati baik dari sisi penyelenggaraan (social ekonomi) maupun kajian seni pertunjukannya. Dalam penelitian ini selain menyajikan analisis penyelenggaraan yang telah dilakukan selama 5 tahun terakhir ini, juga masukan agar potensi seni budaya di masa mendatang dapat dipacu sebagai bahan baku penyelenggaraan pertunjukan Barikan Qubro tahun-tahun mendatang. Maka dengan selesainya penelitian awal ini, diharapkan dapat memberi dorongan pelaksanaan berikutnya, terutama focus pada kemasan Tari Minogoro, kemasan Tari Bajag Laut, kemasan Sendratari Sunan Nyamplung dan kemasan Pawai Tumpeng. Kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat dua potensi alam yaitu berupa potensi di daerah bahari/laut dan potensi didaerah daratan, 2) Kepulauan Karimunjawa berpotensi besar untuk dapat mengembangkan olahraga rekreasi, 3) Adanya pemanfaatan potensi alam serta potensi kepariwisataan maka terjadilah kegiatan-kegiatan fisik yang masuk dalam ranah olahraga rekreasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah potensi alam dan potensi kepariwisataan Kepulauan Karimunjawa. Dari data tersebut kemudian dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu data yang ada dibentuk menjadi deskripsi yang menggambarkan situasi atau peristiwa yang dijelaskan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dijelaskan melalui data tabel dan persentase, serta analisis statistik inferensial yang menggunakan AMOS SEM dan Uji Sobel.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi Kabupaten Magelang sebagai salah satu obyek wisata alam di Provinsi Jawa Tengah dan mengetahui bagaimana strategi pengelolaan yang menggunakan teknik analisis SWOT. YATNASARI, AGNES (2021) PENGARUH MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE TERHADAP TOURIST SATISFACTION DAN AFFECTIVE COMMITMENT SERTA DAMPAKNYA PADA BEHAVIOR LOYALTY (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Ketawang Purworejo, Jawa Tengah). Penyerapan tenaga kerja yang terjadi adalah 11.308 tenaga kerja untuk pengeluaran wisatawan mancanegara yang menginap di hotel dan 57.710 tenaga kerja untuk pengeluaran wisatawan mancanegara yang datang ke obyek wisata di propinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan didaerah Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah dengan kriteria berupa lautan dan 27 Pulau kecil yang masuk dalam kawasan konservasi Balai Taman Nasional Karimunjawa. Nglimut merupakan salah satu kawasan wisata alam yang menjadi tempat tumbuhnya keanekaragaman flora di Indonesia, salah satunya Bryophyta. Dusun Bambu memiliki keindahan alam dengan pesona budaya tradisional Sunda.

Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu Kecamatan yang berapa di kota Jepara, Tempat wisata di Jawa Tengah bagian Utara ini bahkan berhasil menarik Wisatawan Mancanegara dengan Keindahan Surga Bawah Lautnya. Kampoeng Djowo Sekatul adalah tempat wisata agro yang bernuansa pedesaan Jawa. Bertempat di Daya Tarik Wisata (DTW) Ketep Pass Magelang, pelaku kopi mengadakan acara bertajuk ‘BrewBagi Kopi untuk Semeru’. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk mengetahui daya tarik utama objek wisata Lawang Sewu terletak pada sisi arsitektur atau pada sisi mistis yang dimilikinya, dan menurut tanggapan dari wisatawan, beberapa wisatawan yang datang berkunjung baik dari warga local maupun luar kota tertarik pada seni arsitektur yang dimilkinya, bangunan Belanda bergaya Eropa yang sangat menarik untuk dijadikan lokasi berfoto menjadikannya nilai lebih bagi objek wisata Lawang Sewu. Sebagai seni pertunjukan yang ditonton banyak orang baik masyarakat Karimunjawa sebagai penyelenggara, juga sangat banyak diminati oleh wisatawan luar daerah. Harga tiket masuknya hanya 15 ribu saja per orang. Karena jika lengah sedikit saja kita akan kehilangan. Namun bagian induk adalah yang paling mempesona, karena bagian dalam goa bawah tanah ini terpapar sinar matahari.

Candi Cetho sering disebut sebagai candi di atas awan karena letaknya berada di atas ketinggian tepatnya di Lereng Gunung Lawu. Disajikan di atas piring beralas daun pisang. Pasalnya, tempat ini menawarkan fasilitas kolam renang yang berada di atas bukit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Tourist Satisfaction dan Affective Commitment serta dampaknya pada Behavior Loyalty (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Ketawang, Purworejo). Berdasarkan hasil penelitian, Pengelola Pantai Ketawang harus mampu mempertahankan dan meningkatkan Pengalaman wisata yang berkesan agar wisatawan mendapatkan kepuasan setelah melakukan kunjungan dan menimbulkan komitmen afektif, kemudian wisatawan akan bersikap loyal terhadap destinasi wisata tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, daerah penelitian mempunyai 2 (dua) kelas daya dukung lingkungan yaitu kelas III (kriteria sedang) seluas 629,4 Ha, dan kelas IV (kriteria buruk) seluas 121,6 Ha. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian pelatihan gizi dan gastronomi memberikan dampak positif terhadap pengetahuan dan praktik pengelola produksi olahan bahan pangan lokal. Penelitian ini menggunakan data primer, dimana data diperoleh dengan observasi membagikan kuesioner dengan sifat kuesioner terbuka kepada pengelola industri pangan lokal yang menjadi peserta pelatihan gizi dan gastronomi, sebelum dan sesudah pemberian pelatihan. Data sekunder yang diperoleh dari data pengelola industri pangan lokal yang mengikuti pelatihan gizi dan gastronomi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*